Rabu, 02 Juni 2010

Apakah ion negatif terdapat di udara?




Dalam sebuah iklan produk AC (Air Conditioner), ion negatif digambarkan mengambang di udara. Apakah ion negatif berdapat di udara dengan keadaan demikian? Efek apakah yang diakibatkan ion negatif terhadap tubuh kita?

Jawaban:

Catatan dari editor:
Ion negatif saat menjadi trend di Jepang (2001, Reference) karena ion negatif tampaknya baik untuk kesehatan kita. Sebagai contoh, ada laporan yang menunjukkan semakin banyak ion negatif terdapat di hutan-hutan daripada di daerah perkotaan. Jadi beberapa perusahaan menjual produk yang menghasilkan ion negatif. Bagaimanapun, terdapat bantahan tentang bagaimana ion negatif berpengaruh baik terhadap kesehatan kita ataukah tidak, bahkan tentang keberadaan ion negatif yang masih diragukan.

Banyak orang di Jepang tertarik dan ingin tahu tentang ion negatif. Ada sebuah iklan di mana ion negatif beterbangan di udara. Kita sering mendengar bahwa banyak ion negatif yang terdapat di sekitar air terjun.

Namun, berdasarkan hukum netralitas muatan. Akan menjadi sedikit aneh bila hanya ada ion negatif saja. Sebenarnya, sejumlah besar energi akan dibutuhkan untuk membawa dua contoh sebanyak 1 gram garam khayalanyang mengandung hanya ion negatif sejarak 1 cm ntara yang satu dengan yang lainnya.

Pertama-tama, mari kita pikirkan hal tersebut.

Apakah benar-benar ada udara di mana terdapat kelebihan ion negatif?

Pada kenyataannya, adalah sebuha fenomena yang umum bahwa muatan bisa tidak seimbang, sebagai contoh kelebihan ion positif dan ion negatif dapat kita temukan. Kawat logam bisa menjadi sangat bermuatan bila direntangkan di udara. Hal ini adalah akibat bahwa muatan di udara tidak netral dengan sempurna. Petir yang dihasilkan adalah karena salah satu jenis muatan terdapat berlebihan pada dasar awan, dan tegangan antara awan dan tanah menjadi tinggi karena muatan ini akhirnya dilepaskan.

Fenomena muatan juga terjadi ketika botol yang berisi cairan di dalamnya, diputar. Jik cairan di dalamnya adalah air, maka botol tidak akan bermuatan karena air adalah cairan penghantar yang baik, dan muatan ternetralisir oleh adanya arus antara botol dan air. Namun, jika cairan di dalam botol bukan penghantar yang baik (contoh: minyak), maka botol akan bermuatan. Hal inilah yang kadang-kadang menyebabkan tanki minyak meledak. Jadi, sangat penting untuk mencegah tanki minyak menjadi bermuatan. Fenomena muatan cenderung terjadi bila zat digosok antara satu dengan yang lainnya.

Laporan yang melaporkan banyaknya ion negatif di dekat air terjun kemungkinan terkai t dengan fenomena friksi. Anggap bahwa butiran kecil air memiliki muatan karena adanya kelebihan ion hidroksil. Sebagai tetesan molekul air dengan ukuran beberapa mikrometer dalam jumlah besar, akan membutuhkan sedikit energi untuk menahan kelebihan ion H+ atau OH-. Karena itu, saya kira terjadinya fenomena bermuatan sangat mungkin terjadi. Konsentrasi ion negatif yag dilaporkan di dekat air terjun sangat rendah (~ 8500 ion negatif /cm3). Oleh karena itu, efek karena adanya kelebihan ion di udara ini dapat diabaikan.

Walaupun muatan dengan kerapatan tinggi, misalnya 1 gram sampel ion negatif, tidak terjadi, sangat memungkinkan bahwa kelebihan ion negatif terdapat dalam jumlah yang disebutkan di atas.

Efek ion negatif terhadap tubuh manusia

Kita tidak dapat mengetahui bagaimana sejumlah kecil ion negatif berefek terhadap tubuh manusia. Jika secara statistik membenarkan bahwa ion negatif yang cenderung berlebih di udara dapat membuat manusia merasa nyaman, ion negatif dapat mempengaruhi sesuatu pada tubuh manusia. Hal ini akan menjadi judul penelitian yang menarik. Di sisi yang lain, sangat sulit untuk mempelajari hubungan sebab akibat secara akurat. Kita akan merasa luar biasa bila kita menghabiskan waktu di pantai atau di hutan. Namun demikian, hal ini bisa juga disebbkan oleh warna hijau dan biru, atau pada suhu dan kelembaban yang cocok. Sangat tidak mudah untuk memisahkan faktor ion negatif dari faktor lainnya, dan menjelaskan mekanismenya secara ilmiah. Saya pikir bahwa kita harus bersabar menunggu penemuan penelitian di masa depan dan menguji hasilnya secara hati-hati untuk menyimpulkan permasalahan ini.

sumber:

http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/apakah-ion-negatif-terdapat-di-udara/

0 komentar:

Posting Komentar




 

© Copyright by Mahfudz moe-Zaik | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog Kota Tahu